Masuknya Budaya Barat di Negeri Tercinta

Tugas ilmu sosial dasar 1
Nama          : Yoga Haykal Akbar
Kelas/NPM : 1IA10/ 56417273
      Masuknya Budaya Barat di Negeri Tercinta
     Mungkin temen-temen udah sering denger bahasan mengenai topik/judul di atas. Tapi sebenernya apa sih proses masuknya budaya barat itu? Lalu apa sih dampaknya terhadap budaya yang termasuki budaya barat tersebut? Insya Allah dalam tulisan Saya kali ini, Saya akan sedikit sharing tentang masuknya budaya barat menurut pandangan Saya, khususnya dibidang teknologi.
1.    Masuknya Budaya Barat itu maksudnya gimana sih?
          Menurut Saya, masuknya budaya barat itu adalah proses dimana kebudayaan yang sebelumnya bukan jadi kebudayaan/kebiasaan kita (orang2 ketimuran), perlahan berubah menjadi kebudayaan/kebiasaan kita. Dimana kebudayaan itu sangat berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan kita.
2.    Kalo budaya barat masuk, pengaruhnya apaan yak?
          Nah, seperti yang Saya bilang tadi, kebudayaan itu sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Maka dari itu, penting buat kita untuk mengetahui apa saja pengaruh masuknya budaya barat. Untuk hal ini, Saya akan bagi menjadi dua bagian, yaitu Pengaruh Positif dan Pengaruh Negatif.
A.    Pengaruh Positif
Proses masuknya budaya barat ternyata membawa dampak positif buat kehidupan kita, terlepas dari stereotype lebih banyak pengaruh negatifnya daripada positifnya heuheu J.
Salah satu pengaruh positif dari masuknya budaya barat adalah penggunaan teknologi untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Dewasa  ini, bagi budaya barat, teknologi merupakan suatu keharusan dan kewajiban guna untuk mempermudah mobilisasi mereka. Sehingga merekapun berlomba-lomba untuk menciptakan dan memanfaatkan teknologi termutakhir dalam berbagai bidang.
Alhasil, karena sebagian besar teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia, tentunya ini akan membawa pengaruh positif bagi masyarakat yang dimasuki budaya barat agar termotivasi untuk belajar memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Sebenernya dampak positifnya sih kayaknya ngga banyak ya? Atau memang Saya yang kurang baca? heuheu. Karena Saya merasa, budaya barat lebih banyak ketidak cocokan nya dibanding cocoknya dengan budaya masyarakat kita. Allahua’lam.
B.      Pengaruh Negatif
Sejalan dengan pengaruh positifnya, masuknya budaya barat juga memiliki pengaruh negatif. Dalam hal ini, kita tentunya perlu mewaspadai pengaruh negatif dari masuknya budaya barat ke dalam negeri kita yang tercinta ini. Karena kebanyakan people jaman now, justru banyak yang terjerumus ke dalam pengaruh negatif nya.
Contoh dampak negatif nya adalah dari segi gaya berpakaian, pergaulan yang terlampau bebas, sekulerisme, dan banyak lah ya pokoknya. Dari segi gaya berpakaian, ini yang jadi problema yang kurang disadari banyak warga. Kenapa Saya bilang begitu? Coba aja deh sekarang Anda liat di sekitar Anda. Banyak ngga orang yang berpakaian mengikuti budaya barat tanpa merasa bahwa sebenarnya itu tidak sesuai dengan budaya masyarakat sekitarnya? Di pusat perbelanjaan, pasar swalayan, dan berbagai tempat umum lainnya, betapa mudahnya kita melihat warga yang berpakaian tidak sesuai dengan budaya kita, dan parahnya lagi warga tersebut tidak merasa ada yang kurang sesuai pada dirinya dengan budaya sekitarnya.
3.    Conclusion dan Wejangan
          Akhirnya, kita sampai pada akhir dimana tulisan ini akan segera berakhir (yaiyalah -_-). Sedikit pelajaran yang bisa diambil, setiap budaya pasti memiliki pengaruh positif maupun negatif bagi tiap-tiap masyarakat itu sendiri. Sudah sepatutnya kita sebagai warga untuk memfilter setiap budaya yang akan kita pilih/masuk ke dalam kehidupan kita.
          Diakhir tulisan ini, Saya berharap pada siapapun yang membaca tulisan ini, agar senantiasa membentengi dirinya dengan pendirian yang kuat, iman yang kuat, serta memahami dengan benar esensi dari budaya masyarakat di negeri kita tercinta ini. Tujuannya tidak lain adalah untuk tetap melestarikan budaya yang telah ada dan agar kita bisa hidup dengan tentram, aman, nyaman. 

Komentar