Berdayakan Desa, InsyaAllah Sejahtera

   Apa kabar gaes? At this time, Saya bakal sedikit bercerita mengenai ide Saya untuk membangun desa/lingkungan tempat Saya tinggal. Ide yang  akan Saya ceritakan mungkin bukan yang paling kreatif, bukan yang paling inovatif, tapi InsyaAllah tetap informatif buat para readers sekalian.

But... Before we start,  mari kita lihat beberapa potret negri kita saat ini. 

"Duh, sawah 100 hektar gue gagal panen lagi"
"Tiup lilinnya, tiup lilinnya, tiup lilinnya sekarang juga"

"Sol sepatu.."

   Ada yang ngerti maksud Saya menampilkan foto-foto ini? Gimana tanggapan atau reaksi kalian mengenai gambar diatas? Biasa aja? Atau tiba-tiba muncul lampu dari atas kepala kalian trus kalian berkata dalam hati “Gue harus ngelakuin sesuatu nih!”, apakah seperti itu yang ada di pikiran kalian?
   Oke, mikirin nya udahan dulu ya, heuheu. Kali ini Saya akan mulai menceritakan ide Saya terkait dengan beberapa gambar yang ada diatas.
   Saya menemukan sesuatu informasi penting mengenai beberapa tantangan masa depan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Yaitu tantangan mengenai ketahanan pangan, pemenuhan kebutuhan air bersih, dan energi terbarukan.
   Tiga hal diatas inilah yang mendasari ide saya untuk mulai membangun desa. Konsep yang akan Saya terapkan pada ide ini adalah membentuk  Desa yang mandiri, dimana mayoritas kebutuhan desa bisa terpenuhi oleh desa itu sendiri.
   Dalam desa tersebut, Saya akan berusaha memberikan pemahaman tentang pentingnya memenuhi kebutuhan desanya secara mandiri. Mulai dari kebutuhan pangan, air bersih, sampai dengan energi listrik. 
Lalu bagaimana caranya?

   Di desa, Saya bersama warga akan mulai mempelajari bagaimana cara memproduksi bahan makanan sendiri. Sebagai contoh, karena desa di sekitar kawasan perkotaan umumnya memiliki lahan yang sempit sehingga menyulitkan untuk berkebun ataupun bercocok tanam, Saya memiliki solusi dengan menggunakan sistem hidroponik. Sistem ini memungkinkan kita untuk tetap bisa berkebun tanpa harus memiliki lahan yang luas.
   Kemudian untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, Saya bercita-cita untuk membuat suatu alat penjernih air, yang nantinya alat tersebut bisa dipergunakan di desa-desa yang kesulitan air bersih.
   Terakhir, mengenai kebutuhan akan energi, ide Saya adalah membuat suatu lembaga riset desa untuk meneliti tentang sumber energi terbarukan, contohnya adalah pembangkit listrik tenaga angin. Dalam lembaga riset tersebut, masyarakat bisa belajar sendiri bagaimana merancang suatu sistem kincir angin.
    Sekiranya itulah ide saya untuk membangun desa, mungkin bisa diaplikasikan atau mungkin tidak, karena hal- hal diatas membutuhkan tinjauan lebih lanjut lagi. Thanks for reading, kalo ada uneg-uneg yang ingin disampaikan, sok atuh komen-komen dibawah. See ya!

Komentar